Sunday, December 30, 2007

Mas Cosa Dimuat di Harian Pagi Surya - 2 Agustus 2007

Dimuat di Harian Pagi Surya - 2 Agustus 2007

Surya Images

Setelah radio dan majalah online, kini giliran surat kabar. Yup, pagi ini hasil wawancara saya dengan wartawan harian Surya dimuat dalam artikel bertajuk Cosa'>“ Cosa Aranda, Pebisnis Dunia Maya, Berkantor di Kamar, Raup Rp 90 Juta Sebulan“. Di halaman depan lagi. Lumayan buat nampang, hehehe. Bagi yang belum sempat membaca koran tersebut, hasil scan dari artikel yang bersangkutan (ada fotoku loh) dapat dilihat di galeri Flickr saya.

Okeh, saya narsis. Tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Flickr kok :)

Bagian 1

Bagian 2

Eniwei, sayangnya, ada beberapa banyak hal yang perlu dikoreksi atas artikel yang ada di koran Surya. Yaitu (diurutkan berdasarkan kemunculannya di artikel):

  • Sebagian rekan kuliah tahu tentang saya dan AdSense sejak Desember 2005 lalu.
  • Blog pribadi yang saya buat pertama kali (2005) bukanlah CosaAranda.com. Pada bulan April 2006 barulah CosaAranda.com dibuat dan postingan yang ada di domain sebelumnya dipindahkan ke dalam blog ini.
  • CosaAranda.com tidak pernah dipasangi iklan hingga sekarang. Yang saya gunakan sebagai media iklan salah satunya adalah blog yang pertama kali saya buat (maaf, tidak bisa saya sebutkan URLnya, tapi saya yakin sebagian orang tahu :) ) dan saat ini situs tersebut dikunjungi sekitar 7000-8000 pengunjung tiap harinya.
  • Pendapatan AdSense bulan pertama saya adalah $0.24. Saya menyebutkan $1 pada wawancara karena memang saya tidak begitu ingat angka tepatnya. Sedangkan earning melonjak drastis pada bulan Oktober 2005.
  • AdWords bukan merupakan sumber penghasilan. Garis besar sumber penghasilan saya dapat dilihat pada artikel ini.
  • Workshop tidak diselenggarakan atas dasar desakan, melainkan merupakan hasil keputusan Gathering AdSenser Surabaya pada bulan Juni lalu.
  • Saya tidak menyebutkan bahwa “di Jogjakarta banyak publisher yang penghasilannya lebih hebat“. Saya hanya mengatakan bahwa bisnis internet, khususnya AdSense, di Jogjakarta jauh lebih berkembang jika dibandingkan di wilayah Surabaya.

Semoga dengan ini segala kerancuan dan kesalahpahaman dapat ditiadakan :)


Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 2 August 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

No comments: